Jumat, 15 April 2011

ANGKA 0 DAN ANGKA 1

ANGKA 0 DAN ANGKA 1

Cobalah sebutkan angka terbesar yang kita ketahui, dan kalikanlah dengan angka Nol, kita akan mendapatkan hasil selalu Nol.
Cobalah sebutkan angka terkecil yang kita ketahui, dan bagilah dengan angka Nol, kita akan mendapatkan hasil tidak terhingga.
Sedang angka 1, berapapun angka yang kita sebutkan, dibagi ataupun dikali hasilnya selalu sama dengan bilangan itu sendiri.
Angka Nol adalah representasi dari KEIKHLASAN. KEIKHLASAN selalu membawa / membuahkan KEBERKAHAN.
Angka Satu adalah representasi kebalikan dari KEIKHLASAN. Dan KETIDAK IKHLASAN tidak pernah membawa keberkahan.
Manusia dengan kehidupannya, pada awalnya dan masa kanak-kanaknya berada pada posisi angka Nol. Semakin dewasa, dengan segala pengalaman hidupnya dia akan bergerak naik turun ke arah 1 atau ke arah 0.
Orang yang mengikuti hawa nafsunya, akan semakin mendekati ke angka 1. Pada saat mencapai angka 1, dia akan menuhankan dirinya. Dia akan merasa bahwa dunia sudah digenggamnya dan itu atas usaha dan jerih payahnya. Tampak sekali kesombongan selalu muncul dari tingkah lakunya.
Orang yang mampu mengendalikan hawa nafsunya, dia akan bergerak ke arah Nol, menuju ke fitrahnya kembali. Orang seperti ini selalu rendah hati (bukan rendah diri), selalu tawadlu,
berserah diri dan bertawakal, baik pada saat diberi kelebihan maupun kekurangan.
Dari sisi rizki, orang yang berada pada angka 1, apabila misalnya mendapatkan rizki Rp. 1.000.000,-, maka itulah uang yang diperolehnya, tidak lebih dan tidak kurang. Nilai keberkahannya adalah 1 juta rupiah dibagi 1 sama dengan 1 juta rupiah.
Orang yang berada pada angka 0, apabila misalnya mendapatkan rizki Rp. 1.000.000,-, maka nilai keberkahannya adalah tak terhingga. Berapapun rizki yang diperoleh, dia mendapatkan rizki yang berkah tidak terhingga. Orang dengan angka Nol ini derajat keikhlasannya sudah tertinggi, sehingga
berapapun yang diperoleh, selalu dapat mencukupi dirinya, bahkan mampu menolong orang lain.
Orang dengan angka 0 hanya terdapat pada para Nabi.
Semakin ikhlas seseorang, semakin mendekat ke arah 0.
Misalnya 0.2, maka nilai keberkahannya adalah 1 Juta dibagi 0.2 = Rp 5.000.000,-
Sebaliknya, pada saat orang mendapatkan halangan dan cobaan. Orang-orang yang ikhlas, yang memiliki angka 0, berapapun bilangan halangan dan cobaannya, dikalikan dengan
0 akan sama dengan 0. Dia tidak pernah merasakan beban apapun terhadap halangan dan cobaan yang menimpanya.
Sedangkan pada orang yang berbilangan 1, dia akan merasakan sakit, stress dan bahkan sakit jiwa atau berputus asa, karena dia selalu merasakan gejolak jiwa sesuai dengan besar dan kecilnya
cobaan.
Itulah keikhlasan yang terkait dengan keberkahan. Keikhlasan adalah dari hati, dan hanya hati kita sendiri dan Allah saja yang mengetahui.
Maka, seorang penjual es keliling yang menyumbangkan Rp 2.000,- ke kotak Masjid secara ikhlas, sangat jauh nilainya di depan Allah dibanding dengan seorang Jutawan yang menyumbangkan uang Rp 1 Juta ke kotak Masjid karena niat yang lain.
Untuk itu, setiap manusia perlu mengupayakan kembali atau mengarah ke titik Nol. Maka akan diperoleh ketenangan dan kecukupan yang telah dijanjikan Allah.

=================================================
Sumber artikel, dari buku:
Sudarmono, Dr.(2010). Mutiara Kalbu Sebening Embun Pagi, 1001 Kisah Sumber Inspirasi. Yogyakarta: Idea Press. Volume 2. Hal. 279-281. ISBN 978-6028-686-938.


The Story of Number Zero

Once upon a time there was a small number called zero. Sometimes he was called Nought. He lived in a big box with a display case in the lid. He was a very lonely number; nobody ever played with him or spoke about him. Nobody ever said ‘I bought zero sweets today’ or ‘I had to run nought metres to catch the bus.’ As each day passed Zero became lonelier and lonelier until one day somebody put their hand into the box. ‘Finally’ he thought ‘Somebody is going to put me on display’. But instead of taking Zero out, another number was being put into the box. Zero sidled up to the new number half afraid that he would get told to go away. The new number turned to him with a look of confusion ‘Hello’ he said ‘I’m number One. Are you a number? I’ve never seen anyone like you before.

Dahulu kala ada sejumlah kecil yang disebut nol. Kadang-kadang ia dipanggil Bunda Kami. Dia tinggal di sebuah kotak besar dengan kasus tampilan dalam tutupnya. Dia adalah jumlah yang sangat kesepian, tidak ada yang pernah bermain dengan dia atau berbicara tentang dia. Tidak ada yang pernah mengatakan 'Saya membeli permen hari ini nol' atau 'aku harus lari meter nol untuk naik bus. " Karena setiap hari berlalu Zero menjadi kesepian dan kesepian hingga suatu hari seseorang meletakkan tangan mereka ke dalam kotak. 'Akhirnya' pikir dia 'Seseorang akan menempatkan saya di layar'. Tapi bukannya mengambil Zero, nomor lain sedang dimasukkan ke dalam kotak. Zero beringsut hingga paruh nomor baru takut bahwa ia akan mendapatkan disuruh pergi. Nomor baru berpaling kepadanya dengan tampilan kebingungan 'Halo' katanya 'Aku nomor Satu. Apakah Anda nomor? Aku belum pernah melihat orang seperti Anda sebelumnya. 

‘I ..I ..I’m Zero’ Zero stammered ‘I am the first number.’
‘That’s silly’ said One ‘You can’t possibly be the first number. Everybody knows that I’m the first number. Why when somebody wins a race they say that they have come 1st or when anybody counts, they start with one.’ One wasn’t trying to be horrible when he said this, he was just trying to set this strange deluded number straight.
Zero wasn’t surprised that One thought this, everyone he had ever met thought that one was the first number.
Zero set about explaining why he was the first number with the patience of someone who had explained this many, many times before. ‘When someone marks out a 100m race track the start of the race is at 0 meters. When you are adding coins you start with zero pence and work your way up. The reason no body remembers me is that they just assume that I am there and move straight onto you, One. So you see, I really am the first number.’

"Aku .. aku .. aku Zero 'Zero tergagap"Aku nomor pertama. "
'Itu konyol' kata Satu 'Anda tidak mungkin menjadi nomor pertama. Semua orang tahu bahwa aku nomor pertama. Mengapa ketika seseorang memenangkan perlombaan mereka mengatakan bahwa mereka telah datang 1 atau ketika jumlah orang, mereka mulai dengan satu 'One tidak mencoba untuk menjadi mengerikan ketika dia berkata ini, ia hanya mencoba untuk menetapkan nomor ini terperdaya aneh lurus..
Zero tidak terkejut bahwa Satu pikiran ini semua orang, yang pernah bertemu berpikir bahwa satu adalah nomor pertama.
Nol mulai menjelaskan mengapa dia nomor pertama dengan kesabaran seseorang yang telah menjelaskan hal ini, banyak banyak kali sebelumnya. 'Ketika seseorang menandai sebuah trek balap 100m awal lomba berada di 0 meter. Ketika Anda menambahkan uang Anda mulai dengan nol pence dan bekerja dengan cara anda. Alasan tubuh tidak ingat saya adalah bahwa mereka hanya menganggap bahwa aku ada dan bergerak lurus ke Anda, Satu. Jadi Anda lihat, aku benar-benar nomor pertama. "

One thought about this for some time (nine seconds to be exact) and then said quietly ‘I see’. One had never really boasted about being the first number but secretly he had always been rather proud of his status. The sudden realisation that he had been fooling himself for all this time was certainly humbling. One, being a fairly good hearted number however, did not take too long to brighten himself up. ‘Well I’m pleased to meet you Zero, how thrilling to meet a true first number.’

Satu pikiran tentang ini untuk beberapa waktu (sembilan detik untuk tepatnya) dan kemudian berkata pelan 'Aku melihat'. Satu tidak pernah benar-benar membual tentang menjadi nomor pertama, tetapi diam-diam dia selalu agak bangga dengan statusnya. Realisasi tiba-tiba bahwa ia telah menipu dirinya selama ini jelas merendahkan. Satu, menjadi angka yang cukup baik hati Namun, tidak memakan waktu terlalu lama untuk mencerahkan diri. 'Yah aku senang bertemu Anda Zero, bagaimana mendebarkan untuk bertemu dengan nomor pertama benar. "

From that moment on Zero and One became good friends. Zero was still never talked about and from time to time he was left by himself while One sat at the end of the display lid. Zero missed him but never complained because a number had to do what a number had to do. Gradually over time Zero and One were joined by other numbers. Two and Three were friendly fellows. Four was pleasant enough but was a little boastful saying things like ‘Two, I’m twice the number you are.’ Which was of course true but most of the numbers were too kind to mention it. This went on until the arrival of Eight, who came and put him back in his place. Nine was the last number to arrive in the box and he was used for things like telephoning the Emergency services and buying an Ice Cream. Until one day One rushed up to Zero in a very excited manner. ‘Zero, guess what, I’ve been promoted, Nine isn’t big enough to cope with the work load. I’m going to have my own special place on the display lid and I’ll be known as OneTen or Ten for short. I’ll still have to do the odd job as One but that is only until there’s another One to replace me. Isn’t that just the most exciting news you’ve ever heard. Zero congratulated OneTen and was genuinely proud of him. The news travelled fast around the number box and everybody spoke to ‘Ten with the utmost respect.

Sejak saat itu Nol dan Satu menjadi teman baik. Zero masih tidak pernah berbicara tentang dan dari waktu ke waktu dia ditinggalkan oleh dirinya sementara Satu duduk di akhir tutup layar. Zero merindukan dia tapi tidak pernah mengeluh karena nomor harus melakukan apa nomor yang harus dilakukannya. Secara bertahap dari waktu ke waktu Nol dan Satu yang bergabung dengan nomor lain. Dua dan Tiga fellows ramah. Empat itu cukup menyenangkan tetapi merupakan hal-hal kecil berkata sombong seperti "Dua, aku dua kali nomor Anda berada." Yang tentu saja benar tapi sebagian besar jumlahnya terlalu baik untuk menyebutkan itu. Hal ini berlangsung sampai kedatangan Delapan, yang datang dan menaruhnya kembali ke tempatnya. Sembilan adalah nomor terakhir yang tiba di kotak dan ia digunakan untuk hal-hal seperti menelepon layanan darurat dan membeli Ice Cream. Hingga suatu hari Satu bergegas ke Nol dengan cara yang sangat bersemangat. 'Zero, coba tebak, saya telah dipromosikan, Sembilan tidak cukup besar untuk mengatasi beban kerja. Aku akan memiliki tempat sendiri khusus saya di tutup layar dan aku akan dikenal sebagai OneTen atau Sepuluh untuk pendek. Aku masih harus melakukan pekerjaan aneh sebagai Satu tapi itu hanya sampai ada yang lain Satu untuk menggantikan saya. Bukankah itu hanya berita yang paling menarik Anda pernah mendengar. Zero mengucapkan selamat OneTen dan benar-benar bangga padanya. Berita bepergian cepat sekitar kotak nomor dan semua orang berbicara dengan "Sepuluh dengan sangat hormat.


‘Ten was now in a supervisory role and would say things like ‘Hurry along there Two, there’s a good fellow’ To which Two would reply ‘Yes Sir, thank you Sir.’ ‘Ten always treated all the other numbers most fairly and never used his superior status to make other numbers feel bad. When Ten was put on display he had his own special ledge which showed everybody just how much he was worth. Time went by and Ten got used less and less frequently. Sometimes he seemed to have more than enough work to keep him busy but lately there seemed to be a lull. Some of the other numbers, who really had been quite jealous of his promotion, started to stir things up. Nine in particular was overheard saying things like ‘He’s just a glorified One really.’ and ‘He doesn’t look any different from the new One.’ Soon enough the gossip started to have its effect and even numbers who considered themselves above such things started to believe what they were hearing. Things really came to a head when Three was wondering aimlessly around and generally tripping numbers up and Ten asked him politely to make some space for the other numbers coming through and added that he might want to find something useful to do. To Ten’s absolute astonishment Three replied ‘Why on earth should I do what you say, your just One.’

'Sepuluh sekarang dalam peran pengawasan dan akan mengatakan hal-hal seperti' Cepat sepanjang ada Dua, ada orang baik 'Untuk yang dua akan menjawab "Ya Pak, terima kasih Sir' '. Sepuluh selalu memperlakukan semua angka lainnya paling adil dan tidak pernah status superior digunakan untuk membuat nomor lainnya merasa buruk. Ketika Sepuluh diletakkan di layar ia langkan sendiri khusus nya yang menunjukkan semua orang betapa dia berharga. Waktu berlalu dan Sepuluh terbiasa kurang dan kurang sering. Kadang-kadang ia tampaknya memiliki lebih dari pekerjaan yang cukup untuk membuatnya sibuk tetapi akhir-akhir ini tampaknya ada menidurkan. Beberapa nomor lain, yang benar-benar telah cukup iri promosi nya, mulai mengaduk berbagai hal. Sembilan secara khusus mengatakan hal-hal mendengar seperti 'Dia hanya Satu dimuliakan benar-benar.' dan Segera cukup gosip mulai berpengaruh dan bahkan angka yang menganggap diri mereka di atas hal-hal seperti 'Dia tidak terlihat apapun berbeda dengan Satu baru. "mulai percaya apa yang mereka dengar. Hal-hal yang benar-benar datang ke kepala ketika Tiga bertanya-tanya tanpa tujuan di sekitar dan umumnya tersandung nomor Facebook dan Sepuluh memintanya dengan sopan untuk membuat beberapa ruang untuk nomor lain datang melalui dan menambahkan bahwa ia mungkin ingin mencari sesuatu yang berguna untuk dilakukan. Untuk tercengang mutlak Sepuluh Tiga menjawab 'Mengapa harus saya lakukan apa yang Anda katakan, Anda hanya Satu. "

Ten kept calm for the rest of the day but when Zero asked him how his day had been Ten couldn’t remain quiet any longer. ‘You would not believe the day I have had. Insubordination in every direction. Do you know what that fellow Three said to me? He said I was just One. How dare he! It’s not as if I’ve just been promoted, I’ve been Ten for some time now, how could anyone possibly mistake me for One?’
Zero, who had been making quiet mumbley agreeing noises throughout Ten’s tirade, said very quietly indeed ‘Well of course we all know you’re Ten but sometimes in a certain light you do look very much like One. It is so difficult to tell you apart from One when we’re just sitting around in the box.’

Sepuluh terus tenang selama sisa hari, tetapi ketika Zero bertanya bagaimana harinya telah Sepuluh tidak bisa tetap diam lagi. "Kau tidak akan percaya hari aku miliki. Pembangkangan segala arah. Apakah Anda tahu apa yang Three sesama berkata kepada saya? Dia bilang aku hanya Satu. Beraninya dia! Ini bukan seolah-olah aku baru saja dipromosikan, saya telah Sepuluh untuk beberapa waktu sekarang, bagaimana mungkin orang mungkin mengira aku untuk Satu? "
Zero, yang telah membuat mumbley diam menyetujui seluruh suara omelan Sepuluh, mengatakan sangat diam-diam 'Well, tentu saja kita semua tahu kau Sepuluh tapi kadang-kadang dalam cahaya tertentu yang Anda lakukan terlihat sangat seperti Satu. Sangat sulit untuk membedakan kalian dari Satu ketika kita hanya duduk di dalam kotak. "

Ten stood up and looked at himself in the mirror. There it was a plain as the frown on his face, a very cross number One glared back at him. He turned back to Zero and said forlornly ‘Oh Zero, what am I going to do? How can anyone really take me seriously as Ten when I look exactly like One. It’s easy in the display case because everyone can see that I sit to the left of all the other numbers…..’ Ten’s voice trailed off as he said this last word. He looked like he was on the verge of something. ‘That’s it. Of course. Zero you’re brilliant’ Zero was getting more and more confused. Ten continued ‘The reason numbers keep forgetting that I’m Ten is because they have no way of judging my position unless I’m on display. Zero how would you like to be my new assistant?’

Sepuluh berdiri dan memandang dirinya di cermin. Ada itu sebuah dataran sebagai cemberut di wajahnya, jumlah yang sangat salib Satu melotot ke arahnya. Dia berbalik kembali ke Nol dan berkata sedih "Oh Zero, apa yang akan saya lakukan? Bagaimana bisa orang benar-benar membawa saya serius sebagai Sepuluh ketika saya melihat persis seperti Satu. Sangat mudah dalam hal tampilan karena semua orang bisa melihat bahwa saya duduk di sebelah kiri semua angka lainnya ... .. 'suara Sepuluh melemah saat ia mengatakan ini kata terakhir. Dia tampak seperti ia berada di ambang dari sesuatu. 'Itu saja. Tentu saja. Nol Anda brilian 'Zero adalah semakin bingung. Sepuluh lanjutan "Alasan nomor selalu lupa bahwa aku Sepuluh adalah karena mereka tidak memiliki cara menilai posisi saya kecuali aku pada layar. Nol bagaimana Anda ingin menjadi asisten baru saya? "

Five and Three were running round in circles playing chase (Five always seemed to keep two steps in front) when they bumped into One and Zero. ‘Careful there you two, you’ll turn us all into fractions at that speed’ One said beaming with confidence. Three turned to him and was just about to snap back when he caught sight of Zero standing right next to Ten. ‘ Sorry W…Ten, you look different somehow.’
‘He’s right.’ Said Five, ‘It’s almost as if you were standing on the display case. How do you do it.’ Some of the other numbers who had noticed the altercation had started to wander over. ‘It’s all down to my new assistant Zero.’ Ten explained proudly. ‘From now on he’s going to come with me everywhere and he’ll remind you that I have a completely different position on the display case from One. With that he turned so that all the gathered numbers could see him and Zero standing closely together. It was true; he looked exactly how he did on the display case but without his special ledge. Zero had never been so happy. Finally he was being noticed and all the numbers started to show him respect because without him Ten could be just another one. It wasn’t too long before Zero started taking trips to the display case with Ten and he stood next to Ten in the space reserved for all the single numbers.
From that day to this, when people meet a zero, they know exactly how important he is.

Lima dan Tiga yang berjalan berputar-putar bermain mengejar (Lima selalu tampak untuk menjaga dua langkah di depan) ketika mereka bertemu dengan Satu dan Zero. 'Hati-hati ada kalian berdua, Anda akan mengubah kita semua menjadi fraksi pada saat itu kecepatan' Satu kata tersenyum dengan keyakinan. Tiga berpaling kepadanya dan baru saja hendak snap kembali ketika ia melihat Zero berdiri disebelah kanan Ten. 'Maaf W ... Sepuluh, Anda terlihat berbeda entah bagaimana. "
"Dia benar." Said Lima, 'Ini hampir seolah-olah Anda sedang berdiri di etalase. Bagaimana Anda melakukannya 'Beberapa nomor lain yang telah melihat perkelahian itu mulai mengembara di atas.. 'Ini semua ke asisten Zero baru saya.' menjelaskan Sepuluh bangga. 'Mulai sekarang dia akan datang dengan saya di mana-mana dan dia akan mengingatkan Anda bahwa saya memiliki posisi yang sama sekali berbeda pada kasus tampilan dari Satu. Dengan itu ia berbalik sehingga semua nomor berkumpul bisa melihatnya dan Zero berdiri erat. Memang benar, ia tampak persis bagaimana ia lakukan pada kasus layar tapi tanpa birai khusus nya. Nol belum pernah sangat bahagia. Akhirnya ia sedang melihat dan semua angka mulai menunjukkan rasa hormat karena tanpa dia Sepuluh bisa saja hanya satu sama lain. Itu tidak terlalu lama sebelum Nol mulai melakukan perjalanan dengan kasus layar dengan Ten dan ia berdiri di samping Sepuluh di tempat yang disediakan bagi semua nomor tunggal.
Sejak hari ini, ketika orang bertemu nol, mereka tahu persis betapa pentingnya dia.

http://www.redbubble.com/people/sastro/writing/1450736-the-story-of-number-zero

Number Zero

My appearance is unique,
I’m a donut or a ball,
I’m a tiny steering wheel
I’m a raindrop as it falls.

I’m a little ...



Number One 

- When I play all by myself,
I feel alone and sad.
- Number One, why aren’t you lonely,
How come you don’t feel bad?

- I don’t feel sad or lonely
Because I’m not ...




Tidak ada komentar:

Posting Komentar