Kamis, 07 April 2011

EMBUN PAGI


Embun Pagi


Aku bangun sebelum matahari
Ketika bumi masih basah
dari embun pagi.
Langit masih gelap,
Dan udara sejuk dan renyah.
Aku berjalan perlahan-lahan,
Setiap ukiran suara dan setiap detail
ke dalam pikiran saya.
Aku menghirup angin segar
Seperti membelai.

oleh Rita Wiebe
9 November 2007


Morning Dew


I woke before the sun
When the earth was still damp
from morning dew.
The sky was still dark,
And the air was cool and crisp.
I walked slowly,
Engraving every sound and every detail
into my mind.
I inhaled the fresh breeze
As it caressed.

by Rita Wiebe
November 09, 2007


早晨的露水


我醒来前太阳
当地球仍然潮湿
从早晨的露水。
天空仍是漆黑一片,
那里的空气很凉爽,明快。
我走得很慢,
雕刻每一个声音和每一个细节
在我的心里。
本人吸入新鲜的微风
由于爱抚。

由 丽塔威贝
07119


Zǎochen de lùshuǐ


Wǒ xǐng lái qián tàiyáng
Dāngdì qiú réngrán cháoshī
Cóng zǎochen de lùshuǐ.
Tiānkōng réng shì qīhēi yīpiàn,
Nàlǐ de kōngqì hěn liángshuǎng, míngkuài.
Wǒ zǒu de hěn màn,
Diāokè měi yīgè shēngyīn hé měi yīgè xìjié
Zài wǒ de xīnlǐ.
Běnrén xīrù xīnxiān de wéifēng
Yóuyú àifǔ.

Yóu Lì tǎ wēi bèi
07 Nián 11 yuè 9 rì


~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~Embun adalah uap air yang mengalami proses pengembunan - proses berubahnya gas menjadi cairan. Embun biasanya muncul di pagi hari, di sela-sela kaca jendela atau di balik daun. Air embun dalam agama Islam digolongkan sebagai air yang "suci-menyucikan"-air yang sah digunakan untuk berwudhu - bersama salju, danau, maupun sungai.
http://id.wikipedia.org/wiki/Embun

Mawar

Dalam bahasa Jawa, awun-awun berarti gerimis atau embun atau kabut di pagi hari.

Seperti yang digunakan pada Upacara Pinangan:
……………….Gumolonging pirembagan nedya hangraketaken balung pisah daging arenggang, bebasan ngebun-ebun enjang anjejawah sonten, ndhodhok lawang sumedya nginang jambe suruhe, kanthi atur mekaten karana sampun jumbuh anggenipun pepetangan saha sampun manunggal cipta, rasa miwah karsa, ingkang punika saking agenging manah panjenenganipun Bapak ……. sekalihan anggenipun katampi panglamaranipun pramila ing kalenggahan punika ngaturaken sarana miwah upakarti minangka jangkeping tatacara salaki rabi…………………..

Ngebun-ebun enjang ajejawah sonten (Wangsalan) Nyuwun rabi ; nglamar Cethane : bun/gerimis wayah esuk arane awun-awun udan wayah sore arane rarabi tembung awun-awun kedhapuk dadi tembung : nyuwun tembung rarabi kadhapuk dadi tembung : rabi

Ngebun-ebun enjang ajejawah sonten (Mengembun-embun pagi, menghujankan sore) adalah Wangsalan, yang artinya minta nikah.
Bun (embun/gerimis) pagi hari disebut AWUN-AWUN.
Jawah / udan (hujan) sore hari disebut RARABI.
Kata Awun-awun dijadikan kata NYUWUN (minta).
Kata Rarabi dijadikan kata RABI (nikah).

Wangsalan iku unen-unen cangkriman nanging dibatang (dibedhèk) dhéwé. Ukarané ora persis nanging mèmper waé. Wangsalan ana kang awujud ukara selarik, bisa uga awujud tembang. Tuladha sing wujud ukara:
  • Nyaron bumbung, nganti cengklungen nggonku ngenteni. (saron bumbung=angklung)
  • Njanur gunung, kadingaren sliramu teka. (janur gunung=aren).
http://jv.wikipedia.org/wiki/Wangsalan

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~


Dalam bahasa Kawi, awun-awun adalah ampak-ampak (kabut).


Dalam bahasa Sunda, awun-awun adalah awan hitam (awan mendung) di langit.

Seperti dalam Peribahasa Sunda:
Kaceluk ka awun-awun, kawentar ka janapria, kakoncara ka mancanagara.

Anu dimaksud awun-awun nyaeta mega hideung di langit. Ari janapria asal kecapna tina jana nu hartina jelema, jeung pria nu hartina dipikaresep. Paribasa kaceluk ka awun-awun, kawentar ka janapria, kakoncara ka mancanagara, hartina mashur, sarerea padanyaho.

Artinya: sangat terkenal dimana-mana.

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Dalam bahasa Sasak (Lombok), awun-awun adalah kabut.

Seperti dalam Sesenggak (Peribahasa):
  • Awun-awun serin gunung (kabut di lereng gunung) : sesuatu yang biasa terjadi, wajar terjadi seperti itu.
  • Awun-awun panas jelo (kabut siang hari) : peristiwa yang jarang terjadi.
http://lombokmusic.com/2010/06/24/sesenggak-sasak-peribahasa/

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Embun dalam Alkitab Perjanjian Lama:

Keluaran

16:13. Pada waktu petang datanglah berduyun-duyun burung puyuh yang menutupi perkemahan itu; dan pada waktu pagi terletaklah embun sekeliling perkemahan itu.

Manna

16:14 Ketika embun itu telah menguap, tampaklah pada permukaan padang gurun sesuatu yang halus, sesuatu yang  seperti sisik, halus seperti embun beku di bumi.

20:21 Adapun bangsa itu berdiri jauh-jauh, tetapi Musa pergi mendekati embun yang kelam di mana Allah ada.

Ulangan

33:28 Maka Israel diam dengan tenteram dan sumber Yakub diam tidak terganggu di dalam suatu negeri yang ada gandum dan anggur; bahkan langitnya menitikkan embun.

Hakim hakim

6:37 maka aku membentangkan guntingan bulu domba di tempat pengirikan; apabila hanya di atas guntingan bulu itu ada embun, tetapi seluruh tanah di situ tinggal kering, maka tahulah aku, bahwa Engkau mau menyelamatkan orang Israel dengan perantaraanku, seperti yang Kaufirmankan."

6:38 Dan demikianlah terjadi; sebab keesokan harinya pagi-pagi ia bangun, dipulasnya guntingan bulu itu dan diperasnya air embun dari guntingan bulu itu, secawan penuh air.

6:39 Lalu berkatalah Gideon kepada Allah: "Janganlah kiranya murka-Mu bangkit terhadap aku, apabila aku berkata lagi, sekali ini saja; biarkanlah aku satu kali lagi saja mengambil percobaan dengan guntingan bulu itu: sekiranya yang kering hanya guntingan bulu itu, dan di atas seluruh tanah itu ada embun."

6:40 Dan demikianlah diperbuat Allah pada malam itu, sebab hanya guntingan bulu itu yang kering, dan di atas seluruh
tanah itu ada embun.

II Samuel

1:21 Hai gunung-gunung di Gilboa! jangan ada embun, jangan ada hujan di atas kamu, hai padang-padang pembawa kematian!
Sebab di sanalah perisai para pahlawan dilumuri, perisai Saul yang tidak diurapi dengan minyak.

Ayub

29:19 Akarku mencapai air, dan embun bermalam di atas ranting-rantingku.

38:28 Apakah hujan itu berayah? Atau siapakah yang menyebabkan lahirnya titik air embun?

38:29 Dari dalam kandungan siapakah keluar air beku, dan embun beku di langit, siapakah yang melahirkannya?

Mazmur

78:47 Ia mematikan pohon anggur mereka dengan hujan batu, dan pohon-pohon ara mereka dengan embun beku;

110:3 Pada hari tentaramu bangsamu merelakan diri untuk maju dengan berhiaskan kekudusan; dari kandungan fajar tampil bagimu keremajaanmu seperti embun.

133:3 Seperti embun gunung Hermon yang turun ke atas gunung-gunung Sion. Sebab ke sanalah TUHAN memerintahkan berkat, kehidupan untuk selama-lamanya.

Amsal

3:20 dengan pengetahuan-Nya air samudera raya berpencaran dan awan menitikkan embun.

19:12. Kemarahan raja adalah seperti raung singa muda, tetapi kebaikannya seperti embun yang turun ke atas rumput.

Kidung Agung

5:2. Aku tidur, tetapi hatiku bangun. Dengarlah, kekasihku mengetuk. "Bukalah pintu, dinda, manisku, merpatiku, idam- idamanku, karena kepalaku penuh embun, dan rambutku penuh tetesan embun malam!"

Yesaya

18:4 Sebab beginilah firman TUHAN kepadaku: "Aku akan menjenguk dari tempat kediaman-Ku dengan tidak bergerak,  seperti hawa panas yang mendidih waktu panas terik, seperti kabut embun di panas musim menuai."

26:19 Ya, TUHAN, orang-orang-Mu yang mati akan hidup pula, mayat-mayat mereka akan bangkit pula. Hai orang-orang yang sudah dikubur di dalam tanah bangkitlah dan bersorak-sorai!
Sebab embun TUHAN ialah embun terang, dan bumi akan melahirkan arwah kembali.

Daniel

4:33 Pada saat itu juga terlaksanalah perkataan itu atas Nebukadnezar, dan ia dihalau dari antara manusia dan makan
rumput seperti lembu, dan tubuhnya basah oleh embun dari langit, sampai rambutnya menjadi panjang seperti bulu burung rajawali dan kukunya seperti kuku burung.

5:21 Ia dihalau dari antara manusia dan hatinya menjadi sama seperti hati binatang, dan tempat tinggalnya ada di antara keledai hutan; kepadanya diberikan makanan rumput seperti kepada lembu, dan tubuhnya basah oleh embun dari langit, sampai ia mengakui, bahwa Allah, Yang Mahatinggi, berkuasa atas kerajaan manusia dan mengangkat siapa yang dikehendaki-Nya untuk kedudukan itu.

Hosea

14:5 (14-6) Aku akan seperti embun bagi Israel, maka ia akan berbunga seperti bunga bakung dan akan menjulurkan akar-akarnya seperti pohon hawar.

Embun


Mikha

5:7. (5-6) Maka sisa-sisa Yakub akan ada di tengah-tengah banyak bangsa seperti embun dari pada TUHAN seperti dirus  hujan ke atas tumbuh-tumbuhan yang tidak menanti-nantikan orang dan tidak mengharap-harapkan anak manusia.

Zakharia

8:12 melainkan Aku akan menabur damai sejahtera. Maka pohon anggur akan memberi buahnya dan tanah akan memberi hasilnya dan langit akan memberi air embunnya. Aku akan memberi semuanya itu kepada sisa-sisa bangsa ini sebagai miliknya.

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~Dew from Heaven
Kejadian
 
 
27:28 Allah akan memberikan kepadamu embun yang dari langit dan tanah-tanah gemuk di bumi dan gandum serta anggur berlimpah-limpah.
 
27:28 Semoga Allah memberikan kepadamu embun dari langit, dan membuat ladang-ladangmu subur! Semoga Dia memberikan kepadamu gandum dan anggur berlimpah-limpah!
 
27:28 Therefore God give thee of the dew of heaven, and the fatness of the earth, and plenty of corn and wine:

27:28 Hibrani

 ve·yit·ten (give)-
 le·cha
 ha·'e·lo·him (now may God),
 mit·tal (of the dew)
 ha·sha·ma·yim (of heaven),
 u·mish·man·nei (and the fatness)
 ha·'a·retz (of the earth);
 ve·rov (and an abundance)
 da·gan (of grain)
 ve·ti·rosh (and new).


~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
DEW  

 

By : Emil G. Hirsch   Kaufmann Kohler  


—Biblical Data:

Moisture condensed from the atmosphere and gathered in small drops, specially upon the upper surface of plants. In Palestine dew "falls" in cloudless nights during the summer, and refreshes the vegetation, which without it would suffer. The westerly winds sweeping across the sea in the late summer months deposit this moisture in the form of mist like fine spray upon the summer crops; hence, "the dew of Hermon that cometh down upon the mountains of Zion" (Ps. cxxxiii. 2, Hebr.). Dew and rain are closely related to each other in Hebrew literature as sources of fertility and of regeneration of life (Micah v. 6 [7]). In the rainless season "the dew assuages the heat" (Ecclus. [Sirach] xviii. 16, xliii. 22); it is therefore as precious as rain (Gen. xxvii. 28; Deut. xxxiii. 13, 28; Zech. viii. 12), and the withholding of it, as of rain, is a curse (II Sam. i. 21; I Kings xvii. 1; Hag. i. 10). The summer dew is so copious as to saturate the fleece of wool (Judges vi. 37 et seq.) or the hair of the wanderer (Cant. v. 2). Suddenly it falls (II Sam. xvii. 12), and gently (Deut. xxxii. 2; Prov. xix. 12); it lies all night (Job xxix. 19), and rises and disappears in the morning (Ex. xvi. 14; Hos. vi. 4). Dew as the vivifying power is used as a simile of God (Hos. xiv. 6 [5]); it also symbolizes freshness (Ps. ex. 3: "the dew of thy youth") and resurrection: "A dew of herbs is thy dew, and the earth shall cast off the spirits of the dead" (Isa. xxvi. 19, Hebr.).

—In Post-Biblical Literature:

According to Enoch lx. 20, "the spirit of the dew dwells at the ends of the heaven, close to the chambers of the rain, and its course is in winter and in summer." Winds coming from the middle of the twelve portals bring beneficial dew of prosperity; from other portals, hurtful dew accompanied by locusts and other calamities (Enoch lxxvi. 8 et seq.). This is also in accordance with rabbinical tradition: "In the sixth heaven, Makon, there are treasuries of hurtful dews and of beneficial dewdrops" (; Ḥag. 12b). "Between Pesaḥ and Shabu'ot a prayer is offered that God may preserve the people from the hurtful dews" (Lev. R. xxviii., with reference to Jer. v. 24). The two loaves of bread offered on Shabu'ot are waved to and fro in symbolical petition to the Ruler of heaven and earth and of the four winds to keep off the unpropitious winds and dews (Suk. 37b; Lev. R. l.c.).
Only on account of Israel does dew come as a blessing upon the world: on account of Jacob, who studied the Torah, or for the sake of Job, whose doors were kept wide open for the needy (Gen. R. lxvi.). "God promised Abraham under an oath never to let dew cease to bless his descendants, and therefore Elijah could not stop its fall by his words" (Yer. Ta'an. i. 63d; compare Bab. 3a, b). According to Samuel bar Naḥmani, dew comes as a heavenly gift and by the merit of no man (Yer. Ta'an. l.c.; Ber. v. 9b, after Micah vi. 6). On the other hand, the opinion is expressed that since the destruction of the Temple no dew of unmixed blessing falls (Soṭah ix. 12), and this on account of the cessation of the heave-offering and the tithes (Shab. 32b).
Dew of the Resurrection.
But the "dew of the Resurrection" is also stored up in 'Arabot, the highest heaven (Ḥag. 12b). By this dew the dead are revived (Yer. Ber. v. 9b; Yer. Ta'an. i. 63d, with reference to Isa. xxvi. 19). In Ḥag. 12b, Ps. lxviii. 10 (9) is referred to: "Thou didst send a plentiful rain to revive thine inheritance" (Hebr.). This verse is construed to allude to an incident at the giving of the Law on Mount Sinai. "When God appeared amidst the trembling of the earth on Sinai, life fled from the people of Israel and from all the living people in the land of Israel; and the angels said: 'Dost Thou desire to give Thy Law unto the dead or unto the living?' Then God dropped the dew of Resurrection upon all, and they revived." Regarding the Prayer for Dew and the liturgical poetry of Kalir for the first day of Passover, which contains many allusions to the dew of Resurrection, see Ṭal, Prayer for.

Bibliography: Cheyne and Black, Encyc. Bibl. s.v. Dew.E. G. H.
K.

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
dew
Dew is symbolic of divine incarnation or manifestation from Above. Alchemists believed natural dew contained the divine Salt (thoughts of the One Mind) that could transform the Sulfur and Mercury of the First Matter. In many ways, dew represented the Elixir or contents of the cup of God, the Holy Grail.
http://www.alchemylab.com/dictionary.htm

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
On The Morning Dew - Elvenking


On The Morning Dew - Elvenking

At the border of the plain where suddenly the forest dies
On the first of the Season
when Moon will shine full in the sky
I will wait for you there bathed-by a magic light
I will wait, I will pray for this moment to become alive

For this night I will see you as an elf clad in leaves
You are going to see myself the fairy of your secret dreams
Even if all this belongs to worlds of fantasy
for this time, only this night everything is fair,
belongs to me
One night fantasy...

Chorus:
Live my every breath, my every touch,
my every single sigh
Seizing hold of every glance
As the day's passing by begins a wonderful sight
Dancing on the morning dew,
the dawn has come only for you
I look up at the sky the stars to be my guide

At the border of the plain
where suddenly the forest dies
On the first of the Season
when Moon will shine full in the sky
I waited for you there
bathed by a magic light
I have Waited, I have prayed
and this moment has become alive
One night fantasy...

Chorus:

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Elvenking
 
Elvenking is a folk/power metal band from Italy. As of 2010, the band has released one demo, one single, and six full-length studio albums.

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar